FORUM PENGAJIAN QUR'AN HADITS

"Kami hanya ingin menegakkan nilai-nilai Al-Quran dan Al-Hadits"
cbox

Minggu, 28 Juli 2013

PRAKTIK TA'AT KEPADA ROSULULLOHI shollallohu 'alaihi wasallam

Adapun ta'at pada Rosulullohi shollallohu ‘alaihi wasallam adalah dengan cara; 1). Cerita-Nya harus dipercayai dan diyakini pasti benarnya. Cerita yang baik dan akibatnya juga baik hendaknya dijadikan contoh dan cerita yang akibatnya buruk jangan dicontoh. Cerita yang baik, seperti cerita dalam Al-Hadits tentang kisah perjuangan para sahabat, tabi'in, tabi'ut-tabi'in hingga mereka mendapat pertolongan, pahala, surga dari Alloh Ta'alaa. Cerita yang buruk, seperti cerita dalam Al-Hadits tentang Raja-raja kafir, orang-orang kafir, munafik, dhzolim, musyrik pada zaman dahulu kala hingga mereka diperangi, disiksa, diqishos. 2). Perintah-Nya dikerjakan dengan hati ridho, ikhlas dan diniati karena Alloh untuk mencari pahala, didasari karena iman. Seperti; perintah berjihad fii sabiilillaah, hijroh, mensyiarkan salam, berbagi makanan, sholat sunnah Lail, saling mema'afkan, dll. 3). Larangan-Nya dijauhi sejauh-jauhnya, seperti; mencuri, menggunjing, mencela, menghujat, membalas keburukan dengan keburukan, dll. And, jangan lupa menghidup-hidupkan sunnahnya.

Adapun ta'at pada Ulil Amri atau Amir, kedua orang tua, dan suami serta pemerintah itu hukumnya tidak mutlak, masih ada reserve, pertimbangan yaitu selama perintahnya tidak maksiat, tidak menyekutukan Alloh Ta'alaa, tidak bertentangan dengan Al-Qur'an dan Al-Hadits.

Maka kita harus mempunyai kepahaman bahwa jama'ah bisa masuk surga itu karena mereka ta'at kepada Alloh, Rosul dan Ulil amri. Bukan karena adil, rofiq, muhsin, arisnya seorang imam. Begitu juga, seorang imam masuk surga karena ia bisa mengatur jama'ahnya dengan adil, rofiq, muhsin, aris. Bukan karena jama'ahnya ta'at kepadanya. Dengan memiliki pemahaman demikian diharapkan bisa menekan, bahkan dapat menghapus perasaan pol dewe, ujub, sombong, yaitu niat-niat yang mencerminkan tidak karena Alloh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alhamdulilah Jaza Kumullohu Khoiro , Atas Komentarnya Semoga Alloh Paring aman, selamat, lancar, berhasil, barokah...!