FORUM PENGAJIAN QUR'AN HADITS

"Kami hanya ingin menegakkan nilai-nilai Al-Quran dan Al-Hadits"
cbox

Sabtu, 27 Juli 2013

Malam Lailatul Qodar

Luur! Ada satu malam kemuliaan di dalam bulan suci Romadhôn, yang dinamakan, “Lailatul Qodar”. Barangsiapa yang beribadah pada malam itu, diberi pahala oleh Alloh Ta’alaa, yang nilainya lebih baik dari beribadah seribu bulan, yakni kurang lebih 83 (delapan puluh tiga) tahun.

Alloh Ta’alaa, berfirman dalam Al-Qur’an, Surat Al-Qodr, No. Surat: 97, Ayat: 1-5, yang artinya: Ayat: “
1. Sesungguhnya Kami (Alloh) telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam Qodar/kemuliaan (Malam kemuliaan dikenal dalam bahasa Indonesia dengan malam ‘Lailatul Qadar’ yaitu suatu malam yang penuh kemuliaan, kebesaran, karena pada malam itu permulaan turunnya Al-Qur’an). 
2. Dan tahukah kamu apakah malam Qodar itu? 
3. Malam Qodar itu lebih baik dari seribu bulan.
4. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan idzin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. 
5. Malam itu (penuh) keselamatan sampai terbit fajar.

Di dalam Hadits Ibnu Majah, Kitaabush Shiyaam, yang diriwayatkan dari Anas bin Malik, ia (Anas) berkata, “Pada saat masuk bulan Romadhôn, maka Rosulullohi shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda, yang artinya: “Sesungguhnya bulan Romadhôn ini telah hadir kepada kamu sekalian, dan di dalam bulan Romadhon itu ada satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa yang dihalangi-halangi pada malam itu (artinya ia tidak dapat melakukan mencari Lailatul Qodar, berarti ia telah dihalang-halangi pada semua kebaikan, dan tidaklah dihalang-halangi pada kebaikan Lailatul Qodar itu kecuali orang yang dihalang-halangi”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alhamdulilah Jaza Kumullohu Khoiro , Atas Komentarnya Semoga Alloh Paring aman, selamat, lancar, berhasil, barokah...!