FORUM PENGAJIAN QUR'AN HADITS

"Kami hanya ingin menegakkan nilai-nilai Al-Quran dan Al-Hadits"
cbox

Minggu, 30 Juni 2013

5 (LIMA) PROGRAM PEMBINAAN QHJ ILA YAUMIL QIYAMAH (DALAM RANGKA MENUJU KESEMPURNAAN JAMA’AH)

1. Meningkatkan dan mentertibkan kefahaman jama’ah.
2. Meningkatkan dan mentertibkan ibadah dan menjaga peraturan-peraturan agama.
3. Mewujudkan kerukunan dan kekompakan.
4. Mewujudkan adil dan tho’at.
5. Menjaga nama baik jama’ah (fathonah, bithonah, budi luhur).

PENJELASAN :
A. Meningkatkan dan mentertibkan kefahaman jama’ah.
1. Yakin dan mantap bahwa jama’ah surga, tidak jama’ah neraka.
2. Yakin dan mantap bahwa ibadah yang benar, yang sah, yang diterima oleh Alloh adalah dengan menetapi Qur’an Hadits Jama’ah cara lima bab (ngaji, ngamal, mbela, jama’ah, tho’at) karena Alloh sampai ajal matinya masing-masing dan wajib masuk surga.
v وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ يُدْخِلْهُ جَنَّاتٍ* سورة النساء 13
v مَنْ أَرَادَ بُحْبُوحَةَ الْجَنَّةِ فَلْيَلْزَمِ الْجَمَاعَةَ*رواه الترمذى ج3 ص 315
3. Yakin dan mantap bahwa tidak menetapi Qur’an Hadits Jama’ah cara lima bab karena Alloh sampai ajal matinya masing-masing wajib masuk neraka.
v وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَيَتَعَدَّ حُدُودَهُ يُدْخِلْهُ نَارًا* سورة النساء 14
v وَيَدُ اللَّهِ مَعَ الْجَمَاعَةِ وَمَنْ شَذَّ شَذَّ إِلَى النَّارِ* رواه الترمذى ج3 ص 315

B. Meningkatkan dan mentertibkan ibadah.
1. Meningkatkan dan mentertibkan ibadah artinya satu-satunya jama’ah supaya meningkatkan dan mentertibkan ibadahnya baik ibadah wajib maupun ibadah sunah.
2. Menjaga peraturan agama artinya satu-satunya jama’ah supaya faham dan mengerti terhadap haq-batal, halal-haram, sah tidak sah, pahal-dosa, suci-najis, mahrom-bukan mahrom dll.

C. Mewujudkan kerukunan dan kekompakan.
Mewujudkan kerukunan dan kekompakan artinya, satu-satunya jama’ah supaya bisa mewujudkan kerukunan dan kekompakan dalam jama’ah (antara jama’ah dengan jama’ah, antara jama’ah dengan imamnya, antar pengurus dengan imamnya, antara jama’ah dengan pengurusnya).

D. Mewujudkan adil dan tho’at.
1. Para imam dan pengurus supaya melaksanakan ijtihad-ijtihad amrin jami’in dengan adil kepada semua jama’ah memenuhi kewajiban/perintah dari Alloh :
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ أمَنُوا كُونُوا قَوَّامِينَ لِلَّهِ شُهَدَاءَ بِالْقِسْطِ وَلاَ يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَآنُ قَوْمٍ عَلَى أَلاَّ تَعْدِلُوا اعْدِلُوا هُوَ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَى وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ*سورة المائدة 8

dan memenuhi sabda Nabi SAW :
v عَنْ أَبِي سَعِيدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ r إِنَّ أَحَبَّ النَّاسِ إِلَى اللَّهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَأَدْنَاهُمْ مِنْهُ مَجْلِسًا إِمَامٌ عَادِلٌ وَأَبْغَضَ النَّاسِ إِلَى اللَّهِ وَأَبْعَدَهُمْ مِنْهُ مَجْلِسًا إِمَامٌ جَائِرٌ* رواه الترمذى
v أُوصِي الْخَلِيفَةَ مِنْ بَعْدِي بِالْمُهَاجِرِينَ اْلأَوَّلِينَ أَنْ يَعْرِفَ لَهُمْ حَقَّهُمْ وَيَحْفَظَ لَهُمْ حُرْمَتَهُمْ وَأُوصِيهِ بِاْلأَنْصَارِ خَيْرًا ( الَّذِينَ تَبَوَّءُوا الدَّارَ وَاْلإِيمَانَ مِنْ قَبْلِهِمْ ) أَنْ يُقْبَلَ مِنْ مُحْسِنِهِمْ وَأَنْ يُعْفَى عَنْ مُسِيئِهِمْ* رواه البخارى

2. Jama’ah supaya tetap dalam ketho’atan, tho’at yang berdasarkan dalil-dalil Qur’an Hadits dan tho’at terhadap ijtihad-ijtihad imam yang tidak maksiyat.
Nabi bersabda :
عَنِ ابْنِ عُمَرَ عَنِ النَّبِيِّ r أَنَّهُ قَالَ عَلَى الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ السَّمْعُ وَالطَّاعَةُ فِيمَا أَحَبَّ وَكَرِهَ إِلاَّ أَنْ يُؤْمَرَ بِمَعْصِيَةٍ فَإِنْ أُمِرَ بِمَعْصِيَةٍ فَلاَ سَمْعَ وَلاَ طَاعَةَ* رواه مسلم

(lihat : lima bab, Tho’at)

E. Menjaga nama baik jama’ah / Fathonah, Bithonah, Budi luhur.
Menjaga nama baik jama’ah/fathonah, bithonah, budi luhur artinya :
1. Satu-satunya jama’ah supaya tetap fathonah bithonah, budi luhur, menetapi akhlaqul karimah, tidak boleh budi ashor.
2. Dengan menetapi budi luhur/akhlaqul karimah, berarti jama’ah telah menjaga nama baik dirinya, keluarganya dan jama’ahnya.
3. Kalau jama’ah budi ashor berarti menjatuhkan dirinya sendiri, keluarganya ikut malu dan jama’ahnya ikut dijelek-jelekkan (lihat fathonah, bithonah, budi luhur).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alhamdulilah Jaza Kumullohu Khoiro , Atas Komentarnya Semoga Alloh Paring aman, selamat, lancar, berhasil, barokah...!