Tahun 1960 an jamaahnya KH Nurhasan terkenal sangat extreme terkait
kesucian, mereka menganggap selain org jamaah adalah NAJIS krn mereka
HUM tidak tahu dan tak bisa menerapkan hukum sesuci/thoharoh.
Bahkan saking mutawari'nya, jamaah tidak mau bersalaman dg orang HUM krn
dianggap najis, kalo naik angkot jamaah membawa koran utk dijadikan
alas saat duduk agar tdk najis, kalo ada tamu org HUM kursinya di lap
lagi, masjid jamaah selalu di pel setelah dipakai sholat org HUM, atau
pakaian jamaah yg dipegang org tuanya yg blm jamaah dianggap najis dan
dicuci lagi, dan banyak contoh lainnya.
Itu dulu, strategi babat alas di jamannya.
Saat ini seharusnya tidak ada lagi yg begitu, yg penting kita tidak melihat sendiri bahwa itu najis, ya berarti suci.
Jangan hanya pake ro'yu bahwa semua yg terkait dg org HUM itu najis, itu pemahaman yg salah.
Karna bisa menjadi was-was, bukan mutawari' lagi jadinya.
Sebenarnya dulu saat tahun 1960 an KH Nurhasan telah mencontohkan agar
jamaah tetep mutawari' tapi bukan was-was, ceritanya kira2 begini:
"Suatu saat KH Nurhasan dalam sebuah perjalanan dg beberapa jamaah,
ditengah perjalanan KH Nurhasan mampir di masjid HUM utk solat. Salah
satu jamaah yg ikut berbisik pd KH Nurhasan: abah, kenapa kita sholat di
masjidnya org HUM ? Gimana kalo disini najis, bukankah sholat kita ga
akan diterima karna ga sah ?. Lalu oleh KH Nurhasan dijawab singkat: lha
gimana kalo masjid ini suci ?. Akhirnya mereka sholat dimasjid itu."
Hikmah dari cerita KH Nurhasan ini adalah jika kita tidak melihat
langsung bahwa disitu najis, ya kembalikan ke hukum asal bahwa bumi-nya
Allah SWT itu suci dan bisa utk dijadikan tempat sholat.
Kalo kita
melihat secara langsung disitu ada sesuatu yg najis atau kita melihat
kondisi jeding yg tdk memenuhi syarat utk menjaga kesucian atau sebab
lainnya yg memungkinkan kita meyakini bahwa disitu rentan najis, ya kita
boleh utk mengurungkan niat utk sholat disitu, pindah aja ke tempat yg
lebih meyakinkan kesuciannya.
Lha kalo kita terlalu was-was dan hanya menganggap tempatnya jamaah yg terbebas dr najis, maka kita akan tersiksa sendiri.
Gimana tidak, kita lihat di Masjidil Harom, di Masjid Nabawi, dll.
Disana tidak ada bak air di jeding yg minimal 2 kullah, tp hanya memakai
selang kecil yg mengalir dr kran.
Toiletnya juga jenis jongkok.
Apalagi orang arab suka pake sepatu, bagaimana bisa menjaga kesucian ?
Lalu apakah kita ga mau sholat di Masjidil Harom dan Masjid Nabawi ?
Maka kita akan dheblek sendiri karna terlalu was-was.
Makanya Rosulullah SAW menyampaikan hadits bab sesuci yaitu 3 langkah dibumi akan menghapus najis yg menempel.
Ini bentuk kemurahan bagi orang iman.
Jadi saat ini sudah bukan jamannya lagi was-was berlebihan, mutawari' harus, tapi tetap dalam koridor hukum Quran Hadits.
Kalo masih was-was berlebihan, maka bagaimana kita menyikapi makanan yg
kita beli dr tukang bakso, apa kita juga akan anggap najis makanan di
depot/warung? atau kita juga akan anggap semua produk dr org selain
jamaah itu najis tanpa melihat secara langsung? Kalo masih dianggap
najis, maka berarti kita memakan makanan yg najis dan berarti harom,
maka daging kita juga akan harom, dan tubuh yg harom ga bisa masuk
syurga.
Apakah begitu pemahaman yg akan kita pake ? Tentu tidak, karna kita tahu hukum dari Quran Hadits.
Semoga semua jamaah tetap mutawari' pd kesucian tapi tidak was-was buta tanpa dasar..
Wallohu a'lam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Alhamdulilah Jaza Kumullohu Khoiro , Atas Komentarnya Semoga Alloh Paring aman, selamat, lancar, berhasil, barokah...!